Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Positioning dan Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Bimoli pada Supermarket Superindo di Surabaya

Jati Iman Saputro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel komunikasi pemasaran, positioning, dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian minyak goreng Bimoli pada supermarket Superindo di Surabaya.Teknik analisis data yang digunakan regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 20. Hasil didapatkan nilai R Square sebesar 96,9%. Sehingga dapat dijelaskan bahwa variabel komunikasi pemasaran, positioning, dan ekuitas merek mempengaruhi keputusan pembelian. Sedangkan selisihnya 3,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwasanya komunikasi pemasaran, positioning, dan ekuitas merek mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian minyak goreng bimoli pada supermarket Superindo di Surabaya. Variabel yang memiliki pengaruh dominan adalah positioning. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa faktor komunikasi pemasaran dan ekuitas merek   juga perlu diperhatikan agar dapat meningkatkan keputusan pembelian terhadap produk minyak goreng Bimoli pada supermarket Superindo di Surabaya.

Keywords


Komunikasi Pemasaran, Positioning, Ekuitas Merek, dan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Aaker, David A. 2013. Manajemen ekuitas merek. Alih Bahasa: Aris Ananda, (2013), Spektrum Mitra Utama, Jakarta.

Abdullah, Thamrin, dan Francis Tantri. 2013. Manajemen pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Purba, Amir, dkk. 2006. Pengantar ilmu komunikasi. Medan: Pustaka Bangsa Press. Sudaryono. 2016. Manajemen pemasaran teori dan implementasi. Yogyakarta: Andi.


Article Metrics

Abstract view : 229 times
PDF - 241 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License