Analisis Pengaruh Aksesibilitas Permodalan, Peningkatan Kualitas Produk dan Peningkatan Kualitas SDM terhadap Pendapatan UMKM di Sidoarjo

Zuhayly Niswatun Umma

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah Aksesibilitas Permodalan, Peningkatan Kualitas Produk dan Peningkatan Kualitas SDM berpengaruh terhadap Pendapatan UMKM di Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Dengan mengambil sampel berdasarkan kriteria yang sudah mendapatkan fasilitas pendampingan pembiayaan di Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, pada Tahun 2021 sampai Triwulan II Tahun 2022 sebanyak 120 UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aksesibilitas Permodalan berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai sig. sebesar 0.00. (2) Peningkatan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai sig. sebesar 0.02. (3) Peningkatan Kualitas SDM berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai sig. sebesar 0.04. (4) Aksesibilitas Permodalan, Peningkatan Kualitas Produk dan Peningkatan Kualitas SDM secara simultan berpengaruh signifikan dengan nilai sig. 0.00. (5) Aksesibilitas Permodalan adalah variabel yang dominan dengan nilai koefisien beta (b) terbesar yaitu 0.769. Selain ketiga variabel yang diteliti tersebut terdapat faktor-faktor lain yang menyebabkan Pendapatan UMKM di Sidoarjo, hal ini terlihat dari hasil R-Square yaitu sebesar 0.574 atau 57,4% sedangkan sisanya sebesar 42,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Keywords


Aksesibilitas Permodalan, Kualitas Produk, Kualitas SDM, Pendapatan, UMKM

Full Text:

PDF

References


Amalia, F. (2021). Pengaruh Bantuan Modal dan Pembinaan Pemerintah Kabupaten Kediri Terhadap Pendapatan UMKM Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Harahap, F. (2022). Pengaruh Faktor SDM Terhadap Pendapatan Petani Kopi di Desa Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole. Jurnal Misi, 5(2), 31-40.

Hartarto, A. (2021), Pembiayaan UMKM, Cetakan Kesatu. PT. Rajagrafindo Persada.

Hidayat, A. (2020). Pengaruh Bantuan Dana UMKM Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM di Sinjai Utara. Skripsi. Institut Agama Islam Muhammadiyah.

Nelti, M. (2022). Pengaruh Modal Kerja dan Kualitas Produk Terhadap Pendapatan pada UMKM di Desa Junrejo Kota Batu. Skripsi. Universitas Tribuana Tunggadewi Malang.

Khoiriyah, F. (2020). Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, Pesaing dan Inovasi Terhadap Pendapatan Pengrajin Reog di Ponorogo. Skripsi. Universitas Bhayangkara Surabaya.

Paloma, C., Yusmarni, Y., Utami, A. S., & Hasnah, H. (2020). Pengaruh Aksesibilitas Pembiayaan Terhadap Pendapatan Petani Kopi di Lembah Gumanti, Kabupaten Solok. Jurnal AGRISEP, 19(2), 301–314. https://doi.org/10.31186/jagrisep.19.2.301-314.

Sudibia, K. (2015). Pengaruh Bantuan Dana Bergulir, Modal Kerja, Lokasi Pemasaran dan Kualitas Produk Terhadap Pendapatan Pelaku UMKM Sektor Industri di Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 4(1).

Supiyanto, Y. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Perluasan Pemasaran Terhadap Peningkatan Pendapatan di PT.Esa Sarwaguna Adinata Brondong. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 5(2), 480-487.

Syarief, F. (2020). Pengembangan dan Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Cetakan Pertama, Yayasan Barcode.

Zulfanetti. (2021). Pengaruh Jam Kerja, Modal, Pendidikan, dan Tenaga Kerja Terhadap Pendapatan UKM Sektor Perdagangan di Kota Sungai Penuh. E-Journal Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, 10(3), 131-133.




DOI: https://doi.org/10.46821/bharanomics.v3i1.329

Article Metrics

Abstract view : 123 times
PDF - 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License